Shortcut Keys for Home Tab Commands Excel



Untuk mempermudah dan mempercepat dalam bekerja di lembar kerja/worksheet excel maka excel memberikan bantuan berupa shortcut key. Tentu anda sudah tahu shorcut key yang paling mudah misal untuk menebalkan huruf/font shortcut keynya CTRL+B, memiringkan huruf/italic CTRL+C, memberikan garis bawah huruf/underline CTRL+U dan lain sebagainya.

Perhatikan gambar, anda melihat banyak penanda yang warna hitam yang mana itu adalah key/kunci untuk memudahkan pekerjaan, seperti yang sebelumnya saya jelaskan, seperti B=untuk key bold, seperti I = untuk key italic dan U=untuk key underline. Namun tidak semua huruf melambangkan fungsinya. Untuk mengetahui key dan fungsinya seperti pada gambar di atas, maka anda cukup tekan ALT + H, maka akan muncul shortcut key seperti pada gambar di atas.

Sebagai contoh : saya akan merger 2 colom cell, misal B3 dengan C3, di B3 saya tuliskan EXCELMATIKA yang hasilnya B3 dan C3 akan MERGE dan tulisan EXCELMATIKA berada di tengah atau CENTER, langkah yang harus dilakukan :

1. Blok Sel B3 dan C3


2. ALTH + H maka akan muncul seperti berikut :


3. Tekan M, makan akan muncul berikut :


4. Kemudian tekan C, hasilnya sebagai berikut :


Mudah bukan, silahkan anda lakukan hal yang lain seperti pada contoh di atas. Selamat mencoba.

Soal dari saya, saya ingin mendelet Cell B3 +C3 yang sudah merge dari hasil contoh di atas, sebutkan langkah-langkah shortcut keynya ?

Jawab pada kolom komentar ya ?



Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Shortcut Keys for Home Tab Commands Excel"

  1. Saya coba jawab ya gan soal di akhir artikel, untuk mendelet B3+C3 yang ada tulisan EXCELMATIKANYA, langkah-langkahnya sebagai berikut :

    1. Blok dulu cell B3+C3 yang sudah Merge tersebut
    2. Tekan ALT + H
    3. Tekan D
    4. Tekan C/R sama saja kok

    tadaaaa...terdelet sudah....hahaha mudah gan, dapat apa nich saya????

    ReplyDelete
    Replies
    1. 100 untuk agan lisya, hebat juga euy langsung bisa. Di coba yach kasus lainnya, kalo semua shortcut key diluar kepala, yang namanya mouse udah gak perlu lagi deh.....hadiah dari ane doa aja yach wakakakkaa...

      Delete