Customize The Ribbon - Hide and Unhide Main Tabs


Pada tulisan sebelumnya yaitu Excel Navigation Basics (Mengenal Tampilan Standar Excel)  saya telah memberi gambaran mengenai ribbon. Dimana ribbon ada tempat menempelnya tab-tab utama atau dalam bahasa aslinya main tab yang penting atau diutamakan.

Dalam penjelasan ini saya mengambil contoh penjelasan dengan menggunakan microsoft excel 2013. Ribbon yang diberikan secara default oleh excel belum tentu anda sukai. Nah untuk itu saya akan menjelaskan bagaimana cara untuk menyembunyikan atau memunculkan tertentu atau anda mungkin menambahkan tabsnya pada ribbon di tampilan excel anda.

Perhatikan gambar di bawah in, untuk bisa menampilkan menu seperti gambar ini, berikut langkahnya :

1. Pada pojok kiri atas excel anda klik file
2. Kemudian klik menu option
3. Klik Customize Ribbon
4. Akan tampil seperti gambar di bawah ini


HIDE and UNHIDE Main Tabs (Menyembunyikan dan Memunculkan Tab Utama)
Untuk menyembunyikan/Hide main tab, cukup membuang tanda check list pada main tabs, sedang untuk memunculkan kembali/Unhide checklist kembali main tabsnya. Saya tidak memberikan tanda apa-apa pada gambar, karena menurut saya sudah cukup jelas.

ADD Main Tab To Ribbon (Menambahkan Tab pada Ribbon)
Selain Hide dan Unhide tabs pada ribbon, anda juga bisa menambahkan tab pada ribbon yang menurut anda penting. Caranya :
1. Lihat gambar sebelah kanan, buat dahulu NewTab otomatis newgroup/group baru akan terbentuk sebagai tempat menu tab baru pada main tab barunya. New Tab dan new group ini anda rename sesuai nama yang anda inginkan.
2. Klik tab yang akan anda tambahkan ke ribbon dan akan masuk kedalam new group yang telah anda buat tadi.
3. Selesai

Mudah bukan menambahkan main tab pada ribbon. Kalau ada kesulitan jangan ragu untuk menuliskan pertanyaan pada komentar di bawah.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Customize The Ribbon - Hide and Unhide Main Tabs"

Post a Comment