Extension Fomat File yang Support di Excel


Setelah sebelumnya kita mempelajari Jumlah Baris dan Kolom Dari Microsoft Excel yang Perlu Kamu Tahu , kini kita akan mempelajari jenis tipe file dengan extension apa saja yang bisa support dengan ms excel. Untuk lebih mudahnya mengetahui tipe file apa saja yang support di excel, lakukan langkah berikut :

  1. Buka worksheet excel
  2. Kondisikan seolah-olah anda akan mensave file worksheet tersebut
  3. Ketika anda melakukan save as, maka akan keluar jendela yang dimana ada harus mengisi nama file dan save as nya tipe file nya apa.
Nah pada saat save as file excel tipe apa, disini kita bisa melihat tipe file apa saja yang support dengan ms excel. Sebagai contoh saya akan menampilkan screenshot di excel 2013, untuk menampilkan langkah di atas, lihat gambar berikut :


Dari gambar di atas bisa dilihat jenis file apa saja yang support dengan ms excel. Berikut saya akan mengupas jenis-jenis file sebagaimana yang ada pada gambar di atas. Saya mengambil referensi dari sumber resmi di web microsoft nya di https://support.office.com/en-us/article/File-formats-that-are-supported-in-Excel-a28ae1d3-6d19-4180-9209-5a950d51b719#bmexcelformats dimana di halaman web resmi tersebut menjelaskan secara detail semua jenis file yang ada pada gambar screenshot di atas :

Format File Excel :

1.  Excel Workbook : .xlsx
Format file berbasis XML default untuk Excel 2007-2013. Tidak dapat menyimpan kode makro Microsoft Visual Basic for Applications (VBA) atau lembar makro Microsoft Office Excel 4.0(.xlm)

2. Excel Workbook (code) : .xlsm
Format file berbasis XML dan mendukung makro untuk Excel 2007-2013. Menyimpan kode makro VBA atau lembar makro Excel 4.0 (.xlm).

3. Excel Binary Workbook : .xlsb
Format file biner (BIFF12) untuk Excel 2007-2013.

4. Template : .xltx
Format file default untuk templat Excel untuk Excel 2007-2013. Tidak dapat menyimpan kode makro VBA atau lembar makro Excel 4.0 (.xlm).

5. Template (code) : .xltm
Format file yang mendukung makro untuk templat Excel di Excel 2007-2013. Menyimpan kode makro VBA atau lembar makro Excel 4.0 (.xlm).

6. Excel 97- Excel 2003 Workbook : .xls
Format file Biner Excel 97 - Excel 2003 (BIFF8).

7. Excel 97- Excel 2003 Template : .xlt
Format file Biner Excel 97 - Excel 2003 (BIFF8) untuk templat Excel.

8. Microsoft Excel 5.0/95 Workbook : .xls
Format file Biner Excel 5.0/95 (BIFF5).

9. XML Spreadsheet 2003 : .xml
Format file Lembar Kerja XML 2003 (XMLSS).

10. XML Data : .xml
Format Data XML.

11. Excel Add-In : .xlam
Format Add-In berbasis XML dan yang mendukung makro untuk Excel 2007-2013. Add-In adalah program suplemen yang dirancang untuk menjalankan kode tambahan. Mendukung penggunaan proyek VBA dan lembar makro Excel 4.0 (.xlm).

12. Excel 97-2003 Add-In : .xla
Add-In Excel 97-2003, program suplemen yang dirancang untuk menjalankan kode tambahan. Mendukung penggunaan proyek VBA.

13. Excel 4.0 Workbook : .xlw
Format file Excel 4.0 yang hanya menyimpan lembar kerja, tabel bagan, dan lembar makro. Anda dapat membuka buku kerja di format file ini di Excel 2013, namun Anda tidak dapat menyimpan file Excel ke format file ini.

Text formats

1. Formatted Text (Space-delimited) : .prn
Format Lotus yang dibatasi spasi. Hanya menyimpan lembar yang aktif.

2. Text (Tab-delimited) : .txt
Menyimpan buku kerja sebagai file teks dibatasi spasi untuk digunakan di sistem pengoperasian Microsoft Windows lainnya, dan memastikan bahwa karakter tab, hentian garis, dan karakter lain diintepretasikan dengan benar. Hanya menyimpan lembar yang aktif.

3. Text (Macintosh) : .txt
Menyimpan buku kerja sebagai file teks dibatasi tab untuk digunakan di sistem pengoperasian Macintosh, dan memastikan bahwa karakter tab, hentian garis, dan karakter lain diintepretasikan dengan benar. Hanya menyimpan lembar yang aktif.

4. Text (MS-DOS) : .txt
Menyimpan buku kerja sebagai file teks dibatasi tab untuk digunakan di sistem pengoperasian MS-DOS, dan memastikan bahwa karakter tab, hentian garis, dan karakter lain diintepretasikan dengan benar. Hanya menyimpan lembar yang aktif.

5. Unicode Text : .txt
Menyimpan buku kerja sebagai teks Unicode, standar pengodean karakter yang dikembangkan oleh Unicode Consortium.

6. CSV (comma delimited) : .csv
Menyimpan buku kerja sebagai file teks dibatasi koma untuk digunakan di sistem operasi Windows lainnya, dan memastikan bahwa karakter tab, hentian garis, dan karakter lain diintepretasikan dengan benar. Hanya menyimpan lembar yang aktif.

7. CSV (Macintosh) : .csv
Menyimpan buku kerja sebagai file teks dibatasi koma untuk digunakan di sistem pengoperasian Macintosh, dan memastikan bahwa karakter tab, hentian garis, dan karakter lain diintepretasikan dengan benar. Hanya menyimpan lembar yang aktif.

8. CSV (MS-DOS) : .csv
Menyimpan buku kerja sebagai file teks dibatasi koma untuk digunakan di sistem pengoperasian MS-DOS, dan memastikan bahwa karakter tab, hentian garis, dan karakter lain diintepretasikan dengan benar. Hanya menyimpan lembar yang aktif.

9. DIF : .dif
Data Interchange Format. Hanya menyimpan lembar yang aktif.

10. SYLK : .slk
Symbolic Link Format. Hanya menyimpan lembar yang aktif.

Format Lainnya

1. DBF 3, DBF 4 : .dbf
dBase III dan IV. Anda dapat membuka format file berikut di Excel, tapi Anda tidak dapat menyimpan file Excel ke format dBase.

2. OpenDocument Spreadsheet : .ods
OpenDocument Spreadsheet. Anda dapat menyimpan file Excel 2010 agar dapat dibuka di aplikasi lembar kerja yang menggunakan format OpenDocument Spreadsheet, seperti Google Docs dan OpenOffice.org Calc. Anda juga dapat membuka lembar kerja dalam format .ods di Excel 2010. Pemformatan mungkin akan hilang saat menyimpan dan membuka file .ods.

3. PDF : .pdf
Portable Document Format (PDF). Format file ini mempertahankan pemformatan dokumen dan mengaktifkan berbagi file. Saat file berformat PDF ditampilkan online atau dicetak, file tersebut mempertahankan format yang Anda maksud. Data di file tidak dapat diubah dengan mudah. Format PDF juga berguna untuk dokumen yang akan direproduksi menggunakan metode pencetakan komersial.

4. Dokumen XPS : .xps
XML Paper Specification (XPS). Format file ini mempertahankan pemformatan dokumen dan mengaktifkan berbagi file. Saat file XPS ditampilkan online atau dicetak, file tersebut mempertahankan format secara persis seperti yang Anda maksud, dan data di file tersebut tidak dapat diubah dengan mudah.

Bila ada pertanyaan mengenai file extension excel seperti yang dijelaskan di atas, anda bisa menuliskannya komentar di bawah ini.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Extension Fomat File yang Support di Excel"

Post a Comment