Jumlah Baris dan Kolom Dari Microsoft Excel yang Perlu Kamu Tahu


Sebelum saya menggunakan microsoft excel secara rutin, saya tidak pernah peduli terhadap berapa banyaknya baris dan kolom yang disediakan oleh microsoft excel. Sampai pada suatu saat, saya bekerja di konsultan marketing research di bagian data processing, dan saya dihadapkan suatu pekerjaan survey dimana kuesionernya pertanyaaan cukup banyak, waktu itu di perusahaan tersebut menggunakan software data entri statpack (statistical package) yang ini satu paket dengan software tabulasi data Quantum, yang syntaxnya menggunakan bahasa C++. Untuk membuat template entri di statpack agar lebih mudah, terlebih dahulu membuat variabelnya di excel, pada waktu tersebut excel masih versi tahun 2013 dimana jumlah kolom ke samping, hanya ada 256 kolom, sedangkan saya membutuhkan kolom lebih dari 256. Nah dari sejak kasus inilah saya jadi lebih tahu dan aware terhadap jumlah baris dan kolom di excel.

Pada tutorial kali ini saya hanya ingin berbagi pengetahuan jumlah baris dan kolom pada berbagai versi excel yang sudah ada sekarang ini.

Berikut adalah jumlah baris dan kolom dari excel dari berbagai versi excel :

  1. Microsoft Excel 2003 : Jumlah baris 65.536 baris dan jumlah kolom 256 kolom
  2. Microsoft Excel 2007 : Jumlah baris 1.048.576 baris dan jumlah kolom 16.384 kolom
  3. Microsoft Excel 2010 : Jumlah baris 1.048.576 baris dan jumlah kolom 1.048.576 kolom
  4. Microsoft Excel 2013 : Jumlah baris 1.048.576 Baris dan jumlah kolom16.384 kolom

Mungkin Anda penasaran bagaimana cara melihat kolom terakhir dan baris terakhir dari microsoft excel yang Anda gunakan di laptop/PC yang anda gunakan. Berikut saya akan menerangkan tips cara melihat kolom terakhir dan baris terakhir dari ms excel yang anda gunakan.

Dalam kasus contoh yang saya berikan adalah ms excel 2013, caranya :

  1. Buka worksheet excel anda
  2. Untuk melihat kolom terakhir tekan shortcut key CTRL + panah ke bawah
  3. Untuk melihat baris terakhir tekan shortcut key CTRL + panah ke kanan 
  4. Nanti Anda akan mendapatkan baris dan kolom terakhir seperti ganbar di bawah ini
     

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jumlah Baris dan Kolom Dari Microsoft Excel yang Perlu Kamu Tahu"

Post a Comment