Excel Navigation Basics (Mengenal Tampilan Standar Excel)


Sebelum kita memulai pekerjaan di excel tentunya kita harus mengenal dulu tampilan dasar Excel Navigation Basics yang ada di MS Excel. Seperti kata pepatah tak kenal maka tak sayang, tak sayang maka tak cinta. Jadi kita wajib mengenal dahulu excel sebelum melangkah lebih jauh.

Pada postingan kedua di blog excelmatika ini, saya akan menjelaskan tampilan standar yang ada di bagian muka worksheet atau lembar kerja di excel. Saya akan menerangkan dengan istilah bahasa aslinya dalam bahasa inggris, dan akan saya jelaskan kebahasa indonesia menurut pengetahuan berdasarkan pengalaman selama ini dalam menggunakan excel. Berikut ini saya berikan screenshoot dari bagian buka worksheet excel yang sudah saya berikan keterangan berdasarkan tanda panah yang sudah ada di gambar. Karena keterbatasan lebar dari tempat penulisan blog, kalau anda merasa terlalu kecil gambarnya, silahkan di klik gambarnya untuk melihat tampilan bersarnya.


Berikut ini penjelasan dari gambar di atas :

Quick Access Toolbar :
Dari bahasanya sudah sangat jelas, bahwa maksudnya adalah untuk mempercepat pekerjaan, misal mau save, tinggal klik lambang disketnya, tidak perlu lagi masuk kedalam menu-menu untuk mencarinya yang tentunya akan memakan waktu. Quick Access ini bisa ditambahkan lagi dengan menu-menu lainnya yang dianggap paling sering digunakan.

Formula Bar :
Dalam kita bekerja nanti di worksheet Microsoft Excel yang nantinya kita akan bekerja dengan menggunakan formula di dalam Active Cell, formula ini tidak akan terlihat jelas di Active Cell, namun akan terlihat jelas di bagian Formula Bar.

Ribbon :
Dalam terjemahan bebas bahasa indonesia ribbon diartikan sebagai pita. Namun lupakan terjemahan bebas itu. Ribbon yang dimaksud dalam excel adalah tempat beradanya menu-menu seperti pada gambar, seperti Bold, Italic, Underline, jenis font, ukuran font, dan fasilitas lainnya dari menu.

Name Box :
Name box ,disini maksudnya adalah nama bagian dari posisi masing-masing Cell, Misal A1, A2, A3,....dst B1, B2, B3,... dst.

Active Cell
Active Cell yaitu bagian cell yang aktiv dimana kita bekerja dibagian cell tersebut. Cell disini biar mudah dimengerti adalah kotak-kotak yang ada pada worksheet. Dan jika kita bekerja pada kotak-kotak tersebut maka itulah Active Cell.

Column Letter
Seperti dilihat dari makna katanya, column letter adalah nama dari masing-masing kolom. Misal kolom A, kolom B, Kolom C dan seterusnya.

Vertical Scroll Bar :
Yaitu tools yang ada di excel yang memudahkan kita untuk melihat ke atas dan ke bawah secara vertical. Apabila nantinya kita mempunyai data yang sangat panjang dari atas sampai dengan bawah di work sheet excel maka vertical Scroll Bar ini sangat memudahkan kita untuk melihat data dari atas ke bawah.

Horizontal Scroll Bar :
Tools ini sama dengan Vertical Scrollnya, hanya saja untuk arahnya secara horizontal, atau secara mudahnya yaitu untuk menarik scroll ke kanan dan ke kiri. Horizontal Scroll Bar ini sangat berguna jika data mengunakan kolom yang sangat banyak yaitu memanjang ke samping kanan.

Sheet Tabs :
Nah inilah yang disebut worksheet atau lembar kerja excel dimana nanti kita bekerja. Dalam satu file excel kita bisa membuat banyak sheet/lembar kerja, misal sheet1, sheet2, sheet3, dan seterusnya. Di masing-masing sheet itu kita bisa bekerja.

Zoom Control :
Ini adalaha fasilitas untuk memperbesar atau memperkecil tampilan worksheet excell. Ukuran perbesarannya dalam persen (%).

Normal View :
Maksudnya adalah tampilan secara normal wajah worksheet atau bahasa mudahnya adalah bentuk default dari wajah worksheet excel.

Page Layout View :
Maksudnya adalah bila kita mau print worksheet ini ke kertas, maka page layout ini adalah sebagai gambaran yang nantinya akan tercetak di kertas print.

Page Break Preview :
Maksud disini adalah tampilan worksheet yang akan muncul hanya pada tempat yang kita kerjakan, nantinya kotak-kotal cell yang ada worksheet yang akan dihilangkan dengan berubah menjadi warna abu-abu.

Berikut saya juga buatkan video tutorial excel dari topik kali ini :

 
Apabila ada yang kurang jelas dari penjelasan di atas, bisa tulis pada komentar di bawah. Ingat dilarang nyepam ya.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Excel Navigation Basics (Mengenal Tampilan Standar Excel)"

Post a Comment